Sabtu, 06 September 2025

Garuda Indonesia dan Kementerian Agama Sumatera Utara Bersinergi untuk Peningkatan Pelayanan Haji 2025

Garuda Indonesia dan Kementerian Agama Sumatera Utara Bersinergi untuk Peningkatan Pelayanan Haji 2025
Garuda Indonesia dan Kementerian Agama Sumatera Utara Bersinergi untuk Peningkatan Pelayanan Haji 2025

JAKARTA - Persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun 2025 semakin intens dilakukan, termasuk di Provinsi Sumatera Utara. Dalam rangka memastikan kelancaran perjalanan jemaah haji, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara (Kakanwil Kemenagsu), H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM, menerima audiensi dari manajemen maskapai penerbangan Garuda Indonesia Medan. Pertemuan berlangsung di ruang audiensi Kakanwil Kemenagsu dan menjadi momentum penting dalam menjalin sinergi antara kedua belah pihak untuk kesuksesan penyelenggaraan ibadah haji.

Komitmen Bersama untuk Pelayanan Optimal

Dalam pertemuan tersebut, Distrik Manager Garuda Indonesia Medan, I Wayan Gilang Aditya Subawa, menyatakan tujuan dari audiensi ini adalah untuk membangun silaturrahmi sambil memperkuat kerja sama dengan Kanwil Kemenagsu. Hal ini terutama terkait dengan persiapan menjelang keberangkatan jemaah haji tahun 2025. "Saya berharap Garuda Indonesia Medan dan Kanwil Kemenagsu dapat menjalin koordinasi dan kolaborasi yang baik sehingga keberangkatan dan kepulangan jemaah haji dapat berjalan dengan baik dan lancar," ujar Gilang.

Gilang juga menekankan kesiapan Garuda Indonesia untuk memberikan dukungan dan berkolaborasi dengan Kanwil Kemenagsu dalam pelaksanaan tugas penyelenggaraan ibadah haji. "Kami siap mendukung dan menjalin kerjasama dengan Kanwil Kemenagsu dalam pelaksanaan tugas kedepannya serta akan memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji," tambahnya.

Prioritaskan Kenyamanan dan Keamanan Jemaah Haji

Kakanwil Kemenagsu, Ahmad Qosbi, menyambut hangat kunjungan ini dan memberikan apresiasi kepada Garuda Indonesia atas inisiatif tersebut. Dalam kesempatan ini, Ahmad Qosbi menekankan pentingnya kerja sama yang sudah terjalin selama ini untuk terus ditingkatkan. "Kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kunjungan Garuda Indonesia Medan dan berharap semoga kerja sama dan kemitraan selama ini bisa berjalan lancar dan lebih baik lagi ke depannya," ujarnya.

Lebih lanjut, Ahmad Qosbi menjelaskan bahwa Kanwil Kemenagsu melalui Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah terus berupaya melakukan persiapan matang, termasuk rekrutmen Petugas Haji, persiapan paspor, dan perekaman biometrik. "Garuda Indonesia diharapkan memberikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji. Berikan rasa aman dan nyaman kepada jemaah haji saat berada di pesawat," imbuhnya.

Evaluasi dan Tindakan Perbaikan untuk Penerbangan

Dalam pertemuan tersebut, Kakanwil Kemenagsu juga berharap tidak ada lagi kejadian delay penerbangan pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. "Saya mengharapkan adanya delay Pesawat Garuda Indonesia pada penyelenggaraan haji tahun lalu bisa dijadikan bahan evaluasi agar tidak terjadi lagi tahun ini karena keterlambatan penerbangan akan berdampak pada layanan jemaah," ungkap Ahmad Qosbi, mengingatkan pentingnya kelancaran operasional penerbangan yang langsung berdampak pada pengalaman jamaah haji.

Untuk memperkuat koordinasi dan tindakan lapangan, dalam audiensi tersebut turut hadir beberapa pimpinan dari Kanwil Kemenagsu. Katim Kerja Transportasi dan Akomodasi Bidang PHU Kanwil Kemenagsu, H. Ilyas Siregar, serta Katim Kerja Pelayanan Pendaftaran Ibadah Haji, H. Subagyo, turut mendampingi Kakanwil Kemenagsu selama audiensi berlangsung.

Pentingnya Sinergi Antar-Instansi

Audiensi antara Garuda Indonesia dan Kanwil Kemenagsu ini mencerminkan betapa pentingnya sinergi antar instansi untuk menciptakan layanan yang prima, terutama dalam perhelatan besar seperti ibadah haji. Penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, serta pelayanan yang mengutamakan kenyamanan dan keselamatan adalah kunci dalam meraih kepuasan jemaah haji.

Kanwil Kemenagsu dan Garuda Indonesia bertujuan untuk tidak hanya menjaga prestasi yang telah diraih sebelumnya tetapi juga terus berinovasi menciptakan perbaikan-perbaikan yang berkelanjutan. Mereka berharap agar langkah-langkah yang diambil akan memberikan kontribusi positif terhadap keseluruhan pengalaman berhaji para jemaah.

Herman

Herman

teropongbisnis.id adalah media online yang menyajikan berita sektor bisnis dan umum secara lengkap, akurat, dan tepercaya.

Rekomendasi

Berita Lainnya

Danantara Perkuat Posisi RI di Dunia Internasional

Danantara Perkuat Posisi RI di Dunia Internasional

Rute Kapal Pelni Jayapura Manokwari September 2025

Rute Kapal Pelni Jayapura Manokwari September 2025

KAI Siapkan Layanan Istimewa Libur Maulid

KAI Siapkan Layanan Istimewa Libur Maulid

MIND ID Tegaskan Komitmen Turunkan Emisi

MIND ID Tegaskan Komitmen Turunkan Emisi

Hari Pelanggan Jasa Marga Hadirkan Layanan Terbaik

Hari Pelanggan Jasa Marga Hadirkan Layanan Terbaik